setia-darma

Profile

Foto saya
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

Selasa, 03 Januari 2012

SEJARAH ESPANYOL FC



Real Club Deportiu Espanyol de Barcelona adalah sebuah klub olahraga Spanyol yang bermarkas di daerah Cornella de Llobregat, Barcelona. Klub Espanyol resmi didirikan pada tanggal 28 Oktober 1900 oleh seorang mahasiswa teknik dari Universitas Barcelona, Ángel Rodríguez. Pertama didirikan, klub Espanyol dikenal dengan nama Sociedad Española de Football namun satu tahun kemudian klub Espanyol berganti nama menjadi Club Español de Futbol.
Tiga tahun setelah berdiri, klub Espanyol berhasil memenangkan Piala Campionat de Catalunya. Espanyol kemudian memenangkan piala tersebut sebanyak tiga kali berturut-turut dari tahun 1906. Tahun 1909, klub Espanyol merubah namanya lagi menjadi Club Deportivo Español dan tahun 1912 klub Espanyol menerima gelar Real dari Raja Alfonso XIII maka nama klub berganti lagi menjadi Real Club Deportiu Espanyol de Barcelona yang akhirnya digunakan hingga sekarang ini.
Tahun 1928 Espanyol menjadi salah satu anggota pendiri kompetisi La Liga dan tahun berikutnya berhasil mencatatkan sejarahnya dengan meraih gelar pertama di ajang Copa del Rey. Espanyol telah meraih gelar Copa del Rey sebanyak empat kali dalam sejarah, namun hingga sekarang belum bisa memenangkan gelar La Liga. Meskipun demikian, Espanyol adalah klub keenam paling sukses dalam sejarah sepakbola di Spanyol.
Espanyol menggunakan Stadion Cornellà-El Prat untuk menggelar laga kandangnya. Espanyol mempunyai julukan sebagai Periquitos (burung parkit) dan Blanquiazules si Putih-biru yang mengarah ke warna jersey tim Espanyol.
 
Prestasi Espanyol:
4 kali Juara Piala Spanyol: Tahun 1929 ; 1940 ; 2000 ; 2006
2 kali Runner up Piala UEFA: Tahun 1988 dan 2007
1 kali Juara Segunda División: Tahun 1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar